-->

Resep dan Cara Membuat Kue Cucur, Berserat Enak dan Empuk

Pada kesempatan kali ini Zueat berkesempatan membuat artikel tentang resep bahan-bahan serta tutorial membuat kue cucur yang berserat enak dan empuk saat dimakan. Dalam artikel ini terdapat asal usul kue cucur, manfaat kue cucur, bahan-bahan membuat kue cucur, cara membuat kue cucur, hingga tips membuat kue cucur.

Kue cucur yang sering di sebut khonam fak bua atau khanom jujun di thailand adalah kudapan tradisional yang sangat mudah ditemui di daerah Asia tenggara, termasuk Malaysia, Indonesia dan Thailand Selatan.

Kue cucur ini bisa di temukan di seluruh pasar tradisional yang ada di Indonesia. Di Malaysia, kue cucur sering di jadikan kudapan biasa layaknya gorengan seperti di Indonesia. Di daerah Brunei dan Borneo Malaysia, kue cucur akrab di sebut sebagai Pinjaram. Kalau di Thailand selatan, Kue ini sering dihidangkan dalam sebuah acara festival dan upacara pernikahan.

Cucur adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan gula aren yang di goreng. Kue cucur memiliki bentuk yang tebal menggembung ke atas dan tipis di bagian sampingnya yang sontak terlihat seperti gunung.

Menurut masyarakat Thailand, kue ini melambangkan cinta dari pasangan yang baru saja menikah yang kedepannya akan selalu bertambah dan sukses di dalam kehidupan pernikahannya. Di Thailand, biasanya kue ini langsung di konsumsi setelah digoreng di saat kue ini masih lembut dan wangi sebelum nantinya kue ini menjadi lengket, berminyak dan membantet. Sedangkan di Indonesia kue cucur ini merupakan makanan adat yang selalu hadir dalam upacara adat budaya Betawi di Jakarta.

Manfaat Kue Cucur

Selain rasanya yang enak, ternyata kue cucur ini mengandung zat-zat yang sangat amat bermanfaat dan berguna untuk kesehatan, diantaranya adalah:
  • Mengandung protein sekitar 2,39 gram yang mampu meningkatkan kecerdasan
  • Mengandung karbohidrat sekitar 31,36 gram dan energi sekitar 145 kkal yang mampu menghasilkan tenaga untuk beraktivitas sehari-hari
  • Mengandung kalsium sebanyak 10 miligram yang sangat berguna untuk kesehatan tulang
  • Dan yang terakhir, kue cucur dipercaya secara turun-termurun mampu menyembuhkan sakit sariawan

Resep Membuat Kue Cucur

  • 175 gram tepung beras
  • 175 gram gula merah
  • 70 gram tepung terigu
  • 300 mililiter air
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Cucur

  1. Rebus air, gula merah, dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga larut.
  2. Saring air hasil rebusan tersebut dan biarkan air rebusan tersebut sampai hangat.
  3. Campurkan tepung beras, tepung terigu, dan garam ke dalam wadah.
  4. Masukan larutan gula ke dalam wadah dan di aduk secara pelan hingga merata.
  5. Diamkan adonan selama 35 menit, setelah itu aduk kembali.
  6. Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan yang berbentuk cekung.
  7. Tuangkan satu sendok sayur adonan ke dalam minyak yang sudah panas.
  8. Siram-siram atasnya dengan minyak yang di dalam wajan.
  9. Tusuk adonan dengan tusuk gigi di bagian tengah, jika sudah tidak ada adonan yang keluar artinya kue cucur sudah matang dan siapkan di tiriskan untuk di makan.

Tips Membuat Kue Cucur

  • Pastikan adonan tidak bergerindil. Campurkan bahan-bahan hingga teksturnya benar-benar halus dan tidak bergerindil. Jika kamu pakai mixer cukup kocok selama 5-10 menit, sedangkan jika kamu mengocoknya dengan whisker atau spatula maka kamu harus mengocoknya 10-20 menit. Kue cucur akan terlihat cantik dan tidak mudah hancur ketika digoreng jika memiliki adonan yang bagus.
  • Gunakan wakan cekung yang agak tebal. Menggunakan wajan cekung dan agak tebal untuk menggoreng kue cucur merupakan hal yang sangat bagus. Sebab wajan yang seperti ini dapat membuat cucur berbentuk bagus seperti gunung di tengah dan teksturnya agak kering di bagian pinggirnya. Wajan cekung yang agak tebal seperti ini juga mampu meminimalisir gosong ketika menggoreng kue cucur.
  • Perhatikan takaran minyak untuk menggoreng. Untuk menggoreng kue cucur, takaran minyak yang digunakan harus benar-benar pas. Untuk wajan serabi, kira-kira gunakan 3 sampai 4 sendok makan minyak goreng untuk menggoreng satu buah kue cucur. Takaran minyak goreng tidak boleh terlalu banyak maupun terlalu sedikit dan jangan sampai adonan terendam di dalam minyak.
  • Pastikan minyak sudah benar-benar panas saat mulai menggoreng. Selain takaran minyak goreng yang harus pas, tingkat kepanasan minyak untuk menggoreng juga harus benar-benar di perhatikan. Minyak yang panas dapat membuat kue cucur berserat dan memiliki topi dibagian tengah. Ketika Kamu memulai untuk menggoreng, lalu pinggiran adonan langsung membentuk serabut dan bagian tengahnya turun itu tandannya minyak goreng tersebut sudah benar-benar panas.

Nah, itulah artikel resep dan cara membuat kue cucur yang telah dibuat oleh Zueat. Jangan lupa untuk meniriskan minyaknya terlebih dahulu agar kue cucur ini tidak terlalu berminyak ketika di makan. Kamu bisa tempatkan kue cucur ini di cooling rack atau tisu dapur setelah di angkat dari wajan. Sekian dan terima kasih, semoga berhasil!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel