-->

Resep dan Cara Membuat Es Teler Super Segar, Mau Coba?

Es teler ditemukan oleh seorang anak dari Ibu Tukiman Darmowijono yang namanya HJ.Samijem Darmo putro yang tinggal di Juron, Kecamataan Nguter, Kabupaten Sukoharko, Jawa tengah. Jadi, es ini merupakan minuman yang berasal dari kabupaten Sukoharjo, Jawa tengah, Indonesia.

Pada awalnya HJ.Samijem dan Tukiman adalah penemu racikan es teler itu. Lalu, setelah beberapa saat es teler semakin banyak tersebar dimana-mana dan mereka sengaja untuk tidak mematenkannya.

Keluarga Darmo Putro merantau ke Jakarta untuk berdagang buah asongan didaerah Menteng, Jakarta Pusat agar dapat terus menopang hidup. Setelah yang dirasa, ternyata hasil dari dagang buah tersebut kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan keluarga Darmo Putro yang bernama Tukiman Darmowijono berinsiatif untuk menjual esbuah. Seiring waktu berjalan, akhirnya mereka berinovasi dengan campuran buah alpokat, kelapa, nangka, sirup, dan susu. Tak disangka, ternyata banyak orang yang suka dengan es teler tersebut.

Nama es teler tersebut diambil dari ungkapan salah satu pelanggan mereka yang mengatakan “esnya bikin teler”. Dari ungkapan tersebutlah es teler dirasa cocok untuk menjadi nama minuman lezat ini oleh keluarga Darmo Putro.

Dengan modal tekat, keberanian, dan sedikit uang, mereka membuka rumah makan didaerah Cikini, Jakarta Pusat di kawasan metropol Megaria. Rumah makan tersebut bernama Es Teler Sari Mulia Asli. Rumah makan tersebut menyediakan berbagai macam jenis makan seperti Bakso, Siomay, Ayam Goreng, hingga berbagai macam minuman. Akhirnya usaha miliki keluarga Darmo Putro masih terus dan akan berkembang hingga saat ini. Menurut data yang ada, sekarang rumah makan ini sudah mempunyai cabang sebanyak 7 rumah makan.

Tak lupa dengan kampung halamannya, keluarga Darmo Putro ini membuka salah satu cabang rumah makannya di Jl. Raya Veteran No.30, Sukoharjo, Jawa tengah. Pada akhirnya, es teler dijadikan minuman khas Sukoharjo pada tahun 2005 oleh Bambang Riyanto yang berjabat sebagai Bupati Sukoharjo pada saat itu. Sip, tanpa basa-basi lagi langsung saja simak resep dan cara membuat es teler berikut ini.

Resep Membuat Es Teler

Bahan Utama:
  • 3 buah kelapa muda yang dikerok dagingnya
  • 4 buah alpukat yang dikerok dagingnya
  • 200 gram nangka yang di potong kotak-kotak
  • 175 ml susu kental manis vanilla
  • 700 gram es serut

Bahan Sirup Gula:
  • 250 ml air bening
  • 250 ml gula pasir
  • 1 lembar daun pandang

Bahan Saus Santan:
  • 1 lembar daun pandan
  • ¼ sendok teh garam
  • 500 ml santan dari ½ butir kelapa

Cara Membuat Es Teler

  1. Membuat sirup gula. Caranya rebus gula pasir, daun pandan, dan air secara bersamaan hingga gula larut, lalu dinginkan.
  2. Membuat saus santan. Masak garam dan santan secara bersamaan sambil diaduk-aduk hingga menididih, lalu dinginkan.
  3. Satukan alpukat, kelapa muda, dan nangka ke dalam mangkok.
  4. Tuang saus santan, sirup gula, susus kental manis serta es serut kedalam mangkol dan kini es teler siap disajikan.

Nah itulah resep dan tata cara membuat es teler, sungguh mudah bukan? Sekerang Kamu bisa langsung coba mempraktekkan membuat es teler ini. Semoga artikel ini dapat membantu Kamu yang ingin membuat es teler buat melepas rasa dahaga akibat teriknya panas matahari di siang hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel