-->

Bisa untuk Jualan!, Resep dan Cara Membuat Es Doger Segar

Es doger adalah minuman beku bercita rasa manis yang dibuat dengan bahan dasar serutan es kelapa yang dikombinasikan dengan beraneka ragam pangan seperti tapai, pacar cina, buah alpukat, cincau hitam, agar-agar, susu, dan sirup.

Es doger merupakan singkatan dari dorong gerobak. Unik sekali, mungkin disini pengunjung situs Zueat baru menyadari atau menghetahui kalau sebenarnya kata doger ini memiliki arti seperti yang telah di sebutkan di atas yaitu “dorong gerobak”.

Jikalau kita jalan-jalan ke Bandung pasti kita sering menemukan tukang-tukang Es doger sedang besama gerobak dagangannya. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa es doger berasal dari Cirebon. Namun, es doger juga bisa jumpai di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Surabaya dan Bandung.

Disini Zueat telah berhasil membuat rangkuman tentang tata cara membuat es doger seperti yang ada di Bandung, jadi Kamu gak harus jauh-jauh pergi ke Bandung hanya untuk mencicipi es ini. Ya sebenernya gak ke bandung juga pasti ada ya di sekitaran rumah yang menjualnya. Tapu setidaknya menambah wawasan dan pengalaman dalam bidang kuliner sangat bagus lho, apa lagi jika Kamu suka berbisnis, ini bisa jadi salah satu perluang bisnis Kamu, yaitu menjual es doger.

Biasanya es doger dijual menggunakan gerobak yang di dorong oleh sang penjualnya untuk untuk mencari pembeli di setiap sudut daerah. Harga es ini pun sangat murah, kisaran Rp.2.000 hingga Rp.10.000 tergantung porsi dan kualitas es doger itu sendiri.

Es doger sangat mudah dibuat, karena proses pembuatannya cukup sedarana dan tidak perlu menggunakan bahan-bahan khusus seperti membuat kue. Bikin es doger sendiri yang pasti jadi lebih irit, higienis, dan menambah wawasan kuliner.

Es doger sangat enak di santap dikala setelah melakukan aktivitas olahraga. Selain itu, es ini enak juga lezat diminum saat cuaca sedang panas-panasnya seperti di siang hari, misalnya. Simak resep dan cara membuat es doger sebagai berikut.

Resep Membuat Es Doger

  • 1,5 liter santan kelapa
  • 350 gram gula pasir
  • 150 ml susu kental manis
  • 200 gram tape singkong yang di potong dadu
  • 2 butir kelapa tua yang sudah diserut
  • Pewarna makanan berwarna merah

Cara Membuat Es Doger

  1. Satukan gula dan santan, lalu rebus sampai mendidih.
  2. Masukan pewarna makanan, aduk hingga merata.
  3. Setelah merata, tuangkan kedalam wadah dan dimasukan ke dalam kulkas hingga sedikit membeku.
  4. Ambil campuran santan dan gula tadi yang terlihat membeku, lalu keruk menggunakan sendok dan kocok dengan mixer sampai halus.
  5. Jika sudah halus, masukan daging kelapa yang tadi sudah diserut.
  6. Masukan tape singkong, ketan dan es yang sudah diserut halus tersebut ke dalam gelas.
  7. Tuangkan susu kental manis sesuai selera dan es doger kini siap disajikan.

Demikian resep dan cara membuat es doger sederhana yang bisa dibuat dirumah tanpa harus jauh-jauh beli ke bandung atau menunggu tukang es doger lewat ke rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel